Artikel Terbaru
Loading...
Kategori Artikel
Loading...

Terungkap Sudah! Nih, 6 Penyebab Wajah Susah Putih

Selasa, 30 Agustus 2022


Sebagai salah satu negara tropis dengan matahari yang bersinar cerah sepanjang tahun, kulit orang Indonesia memang lebih kaya melanin dibanding negara-negara seperti Cina atau Jepang. Meski terlihat khas dan eksotis, faktanya banyak wanita yang mendambakan tampilan wajah yang lebih cerah. Tak heran jika pembahasan rahasia kulit putih kerap jadi pembicaraan yang umum di kalangan para wanita.



Daftar Isi


Jadi, Apa Penyebab Wajah Susah Putih?


1. Kurang Minum Air Putih Sehingga Kekurangan Cairan

2. Sel Kulit Mati yang Menumpuk di Permukaan Kulit

3. Gaya Hidup yang Kurang Sehat

4. Menggunakan Skincare yang Tidak Cocok dengan Kondisi Kulit

5. Tidak Menggunakan Sunscreen

6. Tidak Menggunakan Toner Wajah




Jadi, Apa Penyebab Wajah Susah Putih?


Sayangnya, kulit cerah dan putih kadang tidak mudah didapatkan. Apakah penyebab wajah susah putih? Apakah ada faktor-faktor tertentu yang membuat Anda kesulitan mendapatkan tampilan kulit cerah seperti yang didambakan? Simak penjelasannya berikut ini!



1. Kurang Minum Air Putih Sehingga Kekurangan Cairan




Penyebab wajah susah putih yang pertama sebenarnya sangat sederhana, namun banyak orang menganggapnya hal sepele: minum air putih. Dengan segudang kegiatan yang Anda lakukan, Anda mungkin sering lupa minum air putih. Padahal, air adalah zat yang penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.


Ketika Anda kurang minum dan tubuh mengalami dehidrasi, kulit juga akan mengalami kondisi yang sama. Efeknya, wajah akan tampak kering dan kusam. Kalau sudah seperti ini, maka krim pencerah yang Anda gunakan tidak akan berfungsi dengan maksimal.



2. Sel Kulit Mati yang Menumpuk di Permukaan Kulit




Salah satu bagian paling penting dari perawatan kulit adalah melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Dengan eksfoliasi, sel-sel kulit mati penyebab warna kulit kusam akan terangkat dan hilang. Ketika sel-sel kulit yang sudah tidak ‘terpakai’ disingkirkan, maka regenerasi sel-sel kulit yang baru akan semakin optimal dan wajah pun akan terlihat lebih cerah.


Perlu diingat bahwa eksfoliasi tidak boleh terlalu sering dilakukan. Untuk pemilik kulit berminyak, Anda bisa melakukannya 3-5 kali dalam seminggu. Tapi kalau kulit Anda cenderung kombinasi, kering atau sensitif, lakukan eksfoliasi tidak lebih dari 2 kali per minggu. Ini akan mencegah kulit mengalami iritasi.


Baca juga: Mudah Kok! Ini 7 Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah



3. Gaya Hidup yang Kurang Sehat




Penyebab wajah susah putih yang berikutnya adalah gaya hidup. Beberapa kebiasaan yang Anda anggap hal sepele ternyata bisa menyebabkan wajah susah cerah dan glowing. Misalnya saja kebiasaan begadang di malam hari.


Durasi tidur yang tidak mencukupi diketahui bisa berdampak pada kesehatan secara umum. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan mata panda. Istirahatlah selama 6-8 jam setiap malam untuk membantu tubuh dan kulit tetap sehat. Dengan begitu kulit cerah yang Anda dambakan akan segera Anda miliki.


Gaya hidup lain yang juga sebaiknya dihindari adalah kebiasaan merokok. Tidak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru, merokok bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada di lapisan terluar kuli menjadi kering, bernoda, pucat dan mudah keriput. Mulai sekarang hindari semua kebiasaan buruk ini. Ganti dengan olahraga secara rutin dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.



4. Menggunakan Skincare yang Tidak Cocok dengan Kondisi Kulit


Hati hati dalam memilih Skincare


Banyak orang yang berpikir wajahnya susah cerah dan glowing karena kulitnya punya pigmen kulit susah putih. Memang benar kalau pigmen kulit wajah orang Indonesia berbeda dengan orang Kaukasia sehingga skincare apa pun tidak akan bisa mengubah wajah jadi putih seperti orang barat. Namun, jika Anda menggunakan produk skincare yang benar, kulit wajah bisa menjadi lebih cerah, kencang dan kelihatan glowing.


Lalu, bagaimana caranya mencari tahu apakah skincare yang kita gunakan cocok atau tidak? Pertama, periksa bahan aktifnya. Apakah sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang sedang Anda alami. Kedua, tunggu mulai 6-8 minggu sampai skincare benar-benar bekerja. Jika kulit malah tampak semakin kusam bahkan jerawatan, mungkin Anda perlu segera mengganti produk perawatan yang Anda gunakan.


Baca juga: Jangan Asal Beli! Simak, 6 Cara Memilih Skincare yang Tepat ini!



5. Tidak Menggunakan Sunscreen




Matahari mengandung sinar UV yang bisa menyebabkan produksi melanin meningkat. Efeknya, kulit akan jadi terbakar dan cenderung lebih gelap. Untuk menghindarinya, pastikan Anda mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya di siang hari. Terlebih jika Anda akan melakukan banyak aktivitas di luar ruangan.



6. Tidak Menggunakan Toner Wajah




Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab wajah susah putih adalah tidak menggunakan toner. Toner dalam skincare routine berguna untuk mengembalikan pH kulit ke level normal serta menghidrasinya agar tidak kering dan kusam.


Baca juga: Duh! Jadi Gagal Glowing, Ini 6 Kesalahan Memakai Toner Wajah!


Ada banyak sekali jenis toner yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun sebelum membeli, pastikan toner yang Anda pilih memiliki bahan aktif yang Anda butuhkan. Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol karena ini akan menyebabkan kulit semakin kering. Efeknya, wajah akan semakin kusam, susah glowing dan cerah bahkan terlihat lebih tua.


Bingung menentukan produk toner wajah yang cocok? Professor Young memiliki 2 variasi toner yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Skintastic Green Tea Toner dengan kandungan utama green tea dan campuran salicylic acid dan castor oil, cocok untuk Anda yang punya kulit normal atau cenderung kering.


Sementara Skintastic Tea Tree Toner yang memiliki kandungan tea tree oil, salicylic acid dan champora cocok untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat.



Yuk, mulai hindari penyebab wajah susah putih ini untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing yang Anda impikan!


Ditulis oleh MinYoung
Tambahkan Komentar
Ketik disini