Artikel Terbaru
Loading...
Kategori Artikel
Loading...

Matching Sama Skincare! Pelajari Jenis Jenis Kulit Wajah Ini!

Selasa, 30 Agustus 2022

Ilustrasi Macam Macam Kulit Wajah

Tahukah Anda bahwa memilih skincare juga perlu mempertimbangkan jenis kulit wajah? Semahal apa pun produk yang Anda beli, tapi kalau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit, maka hasilnya tidak akan maksimal. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami apa jenis kulit Anda terlebih dahulu.



Daftar Isi:


Bagaimana Cara Menentukan Jenis Jenis Kulit Wajah Sendiri

Jenis Jenis Kulit Wajah


1. Kulit Wajah Normal 2. Kulit Wajah Kering 3. Kulit Wajah Berminyak 4. Kulit Wajah Sensitif 5. Kulit Wajah Kombinasi




Bagaimana Cara Menentukan Jenis Jenis Kulit Wajah Sendiri




Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah? Ini merupakan langkah sederhana tapi sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit setiap orang. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara memastikan jenis kulit Anda, simak langkah-langkahnya berikut ini:


  • Mulailah dengan mencuci wajah dengan pembersih ringan dan pencuci muka

  • Tepuk-tepuk wajah sampai kering dan jangan aplikasikan apa pun ke atas permukaannya

  • Biarkan kulit terbuka selama sekitar 30 menit dan mulai lakukan pengujian. Apakah Anda cenderung merasa kulit menjadi kencang dan ketat, terutama saat sedang membuat ekspresi wajah atau tersenyum? Atau apakah area T-zone Anda mulai berkilau karena minyak?


Selanjutnya, tunggu lagi selama 30 menit dan cek lagi kulit Anda. Penjelasannya adalah sebagai berikut:


  • Kulit normal. Jika Anda melihat ada sedikit kilau karena sebum pada hidung dan dahi, maka Anda termasuk normal

  • Kulit kering. Apabila kulit terasa kering dan kencang saat tersenyum, kemungkinan tipe kulit Anda adalah kulit kering

  • Kulit berminyak. Apabila ada banyak minyak di hidung, dahi dan pipi, maka Anda punya kulit berminyak

  • Kulit kombinasi. Jika Anda punya kulit kombinasi, maka area T-zone akan terlihat paling dominan mengeluarkan minyak

  • Kulit sensitif. Jika kulit Anda terasa sedikit gatal atau kemerahan, kemungkinan kulit Anda sensitif.


Dari penjelasan di atas bisa kita ketahui bahwa ada 5 macam tipe kulit. Perlu diketahui bahwa jenis kulit ini bisa berubah seiring bertambahnya usia. Mereka yang berusia muda misalnya, cenderung memiliki jenis kulit wajah normal dibanding mereka yang sudah tua. Untuk lebih memahami masing-masing jenis kulit tersebut, simak penjelasannya di bawah ini




Jenis Jenis Kulit Wajah





1. Kulit Wajah Normal


Jenis kulit wajah normal adalah kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Kulit normal biasanya:


  • Tidak memiliki atau memiliki hanya sedikit masalah

  • Tidak ada sensitivitas yang parah

  • Pori-pori hampir tidak tampak

  • Wajah terlihat berseri.




2. Kulit Wajah Kering


Orang dengan kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang tidak terlalu besar namun kulit cenderung kusam dan kasar. Ada beberapa bercak merah yang muncul dan kulit juga kurang elastis. Efekya, garis-garis (termasuk kerutan) akan lebih terlihat.


Kulit kering juga bisa mengalami pecah-pecah, gatal, iritasi dan meradang. Di bagian tubuh lain seperti punggung tangan, lengan dan kaki, kulit kering akan menjadi bersisik. Untuk mengatasi ini, Anda direkomendasikan untuk menggunakan produk yang bersifat melembapkan. Beberapa bahan alami seperti ekstrak avokad, ekstrak almond hingga minyak kelapa bisa membantu Anda melembapkannya.


Skintastic Green Tea Toner dari Professor Young merupakan salah satu rekomendasi terbaik skincare untuk kulit kering. Toner ini tidak hanya melembapkan tapi juga menyeimbangkan pH kulit wajah.




3. Kulit Wajah Berminyak


Kulit berminyak cenderung memiliki ukuran pori-pori yang lebih lebar. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan. Efeknya, wajah menjadi tampak mengkilap dan licin. Kulit wajah berminyak berisiko menyebabkan berbagai masalah seperti pori-pori tersumbat dan jerawat.


Jika kulit Anda termasuk berminyak, Anda bisa memilih skincare dengan bahan-bahan seperti retinol, niacinamide, salicylic acid hingga hyaluronic acid. Salah satu rekomendasi produk tersebut adalah Retinol Encapsulated 0,5% dari Professor Young. Serum satu ini tidak hanya baik untuk kulit berminyak, tapi juga bisa membantu mengatasi sejumlah masalah seperti kerutan.




4. Kulit Wajah Sensitif


Beberapa ciri kulit sensitif adalah munculnya kemerahan, gatal, sensasi seperti terbakar dan kulit terasa kering. Jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, cari tahu apa yang menyebabkannya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif. Namun seringkali berbagai masalah muncul sebagai respons terhadap produk perawatan atau bahan aktif tertentu yang ada dalam skincare.


Beberapa bahan yang bagus untuk pemilik kulit sensitif antara lain adalah madu, shea butter, oatmeal hingga cucumber seed oil.




5. Kulit Wajah Kombinasi


Pemilik kulit kombinasi bisa terasa kering atau normal di beberapa area, tapi bisa berminyak di area yang lain seperti T-zone (hidung, dagu dan dahi). Banyak orang yang punya jenis kulit wajah kombinasi seperti ini. Untuk perawatannya, mungkin dibutuhkan beberapa cara berbeda.


Kulit kombinasi memiliki sejumlah ciri-ciri seperti pori-pori yang tampak lebih besar dari biasanya (karena lebih terbuka), munculnya komedo di beberapa area wajah dan kulit terlihat mengkilap.



Itulah beberapa jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui. Pilih beragam produk berkualitas terbaik di Professor Young sesuai dengan jenis kulit Anda.


Ditulis oleh MinYoung
Tambahkan Komentar
Ketik disini