top of page
Artikel Terbaru
Loading...
Kategori Artikel
Loading...

Awas Salah Pilih! Ini Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Kamis, 1 Desember 2022


Menurut Michele Green, MD, seorang pakar kosmetik, faktor paling penting saat memilih produk skincare adalah dengan mengenali jenis kulit masing-masing. Pasalnya, skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit malah bisa menyebabkan masalah baru pada kulit. Jadi, kalau kamu memiliki jenis kulit kombinasi, penting bagimu mencari tahu tips memilih skincare untuk kulit kombinasi.


Apa itu kulit kombinasi? Bagaimana caranya mengetahui kalau kulitmu adalah kulit kombinasi. Apa saja tips memilih skincare untuk kulit kombinasi yang perlu diketahui? Semuanya akan dibahas dalam artikel ini!


Baca juga: Matching Sama Skincare! Pelajari Jenis Jenis Kulit Wajah Ini!



Daftar Isi


Kulit Kombinasi, Kayak Apa Sih?

Cara Jitu Biar Tak Salah Pilih Skincare untuk Pemilik Kulit Kombinasi 

1. Mending Pilih Facial Wash yang Water-based!

2. Lebih Baik Pakai Produk Skincare Non-alcohol

3. Perhatikan Kandungan Skincare yang Aktif, ya!

4. Lakukan Uji Sensitivitas Kulit Wajahmu!

5. Pilih Produk Non-comodogenic dan Bebas Minyak, ya!

6. Konsultasikan dengan Pakarnya





Kulit Kombinasi, Kayak Apa Sih?


Kamu dikatakan memiliki jenis kulit kombinasi jika ada area kering di permukaan kulit tapi berminyak di bagian lain seperti pada T-zone (hidung, dahi dan dagu). Ada banyak orang yang memiliki jenis kulit kombinasi. Biasanya, bagian pori-pori pada kulit jenis ini terlihat lebih besar karena lebih terbuka.


Meskipun pemilik kulit kombinasi cukup banyak, tapi melakukan perawatan yang tepat bukan hal yang mudah. Kamu harus bisa menemukan cara untuk menyeimbangkan apa yang dibutuhkan oleh kulit di zona kering dengan apa yang dibutuhkan pada zona yang berminyak.




Cara Jitu Biar Tak Salah Pilih Skincare untuk Pemilik Kulit Kombinasi 


Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi dengan Tepat
Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi dengan Tepat

Sebelum membahas tentang tips memilih skincare untuk kulit kombinasi, kamu perlu memastikan apakah kulitmu memang termasuk kulit kombinasi atau tidak. Beberapa tanda dari kulit kombinasi adalah:


  • Kulit terlihat berkilau di bagian dahi, hidung dan dagu (T-zone) karena di zona ini banyak terdapat kelenjar penghasil minyak. Sementara itu bagian pipi tampak kering

  • Kulit bisa menjadi lebih berminyak saat musim panas dan ketika cuaca dingin, akan menjadi kering

  • Muncul breakout dan kulit yang mengelupas di waktu bersamaan.


Jika kamu menemukan berbagai ciri-ciri ini, simak tips berikut ini untuk memilih skincare!


Baca juga: Tak Tahan? Penyebab Kulit Wajah Sensitif Serta Perawatannya




1. Mending Pilih Facial Wash yang Water-based!


Facial Wash Water-Based
Facial Wash Water-Based

Kunci menemukan pembersih wajah atau facial wash yang sesuai adalah mencari produk yang bisa melembapkan dan menghaluskan bagian yang kering sekaligus merawat bagian yang berminyak. Menurut pakar, pemilik kulit kombinasi sebaiknya mencari pembersih berbasis air (water-based) atau gel dengan busa ringan yang mengandung exfoliant lembut. Bahan-bahan ini bisa membantu meminimalisasi minyak. 


Kandungan lain seperti ceramide atau asam hialuronat dalam produk pembersih wajah bisa membantu menghidrasi kulit.




2. Lebih Baik Pakai Produk Skincare Non-alcohol


Produk Skincare Non-Alkohol
Produk Skincare Non-Alkohol

Pada dasarnya, produk skincare yang mengandung alkohol tidak disarankan. Alasannya jelas: alkohol bisa merusak permukaan pelindung kulit, menghabiskan zat-zat vital yang dibutuhkan oleh kulit untuk terlihat sehat. Alkohol juga bisa memperburuk bagian kulit yang berminyak. Secara sederhana, ini akan menyebabkan penuaan dini. 


Pada bagian kulit yang kering, alkohol juga bisa berdampak memperparah. Karena itu, sebisa mungkin hindarilah produk skincare yang mengandung alkohol.




3. Perhatikan Kandungan Skincare yang Aktif, ya!


Melihat kandungan yang Aman Skincare Pemilik Kulit Kombinasi
Melihat kandungan yang Aman Skincare Pemilik Kulit Kombinasi


Kulit kombinasi paling membutuhkan keseimbangan. Produk yang kamu gunakan tidak boleh membuat kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. Dengan melihat kandungan dalam skincare ini maka kamu juga dapat melihat kandungan skincare untuk kulit sensitif. Beberapa bahan aktif yang bisa kamu pertimbangkan untuk merawat kulit kombinasi milikmu antara lain adalah:


  • Niacinamide. Niacinamide adalah bagian dari vitamin B3. Bahan aktif satu ini bisa membantu mengurangi produk sebum, mengurangi munculnya jerawat serta mencegah peradangan pada kulit yang kering

  • Hyaluronic acid. Dikenal juga dengan asam hialuronat, bahan aktif satu ini bermanfaat untuk menjaga serta mengunci kelembapan kulit agar bisa tetap segar dan terhidrasi seharian

  • Aloe vera. Rangkaian produk dengan bahan lidah buaya atau aloe vera bagus untuk pemilik kulit kombinasi karena teksturnya yang ringan serta membantu menjaga kelembapan kulit

  • Asam salisilat. Bahan lainnya yang juga bisa dipilih oleh pemilik kulit kombinasi adalah asam salisilat atau salicylic acid. Zat ini ampuh mengurangi minyak berlebih, terutama di area T-zone dan menurunkan risiko jerawat.




4. Lakukan Uji Sensitivitas Kulit Wajahmu!


Uji Sensivitas Kulit Wajah
Uji Sensivitas Kulit Wajah

Sebelum membeli sebuah produk skincare, kamu bisa mengecek kecocokannya dengan kulitmu lewat uji sensitivitas. Uji sensitivitas dilakukan dengan cara mengoleskan produk yang akan kamu gunakan pada punggung tangan. Untuk produk perawatan yang akan diaplikasikan ke wajah, uji sensitivitas dapat dilakukan dengan mengoleskannya d bagian belakang telinga antara rahang. 


Kulit bagian ini cenderung lebih sensitif dibanding kulit lainnya sehingga bisa merespons lebih cepat jika terkena bahan aktif yang tidak cocok untukmu. Selanjutnya, diamkan produk selama kurang lebih 5 menit. Jika setelah itu tidak muncul reaksi seperti kemerahan atau gatal, artinya kamu bisa menggunakan produk tersebut. Uji sensivitas ini cocok untuk mengetes kandungan skincare untuk kulit sensitif.


Baca juga: Manjur Banget! 4 Cara Mengatasi Wajah Gatal Karena Skincare




5. Pilih Produk Non-comodogenic dan Bebas Minyak, ya!


Memilih Produk Non-comodogenic dan Bebas Minyak
Memilih Produk Non-comodogenic dan Bebas Minyak

Produk skincare yang diberi label non-comedogenic umumnya direkomendasikan bagi mereka yang punya masalah jerawat dan kulit berminyak. Produk ini cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan serta mengandung sedikit atau tidak mengandung minyak sama sekali sehingga tidak memicu penyumbatan pori. 


Penyumbatan pori sendiri kerap menjadi masalah pada pemilik kulit berminyak dan kombinasi karena bisa memicu munculnya jerawat dan komedo.




6. Konsultasikan dengan Pakarnya


Konsultasi dengan Dokter Kecantikan
Konsultasi dengan Dokter Kecantikan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah memilih skincare untuk kulit kombinasi adalah dengan meminta rekomendasi dari dokter kecantikan atau dokter kulit dan meminta rekomendasi bagaimana cara merawat kulit wajah kalian dengan tepat.


Pakar kecantikan akan memeriksa kondisi kulitmu dengan lebih cermat sehingga bisa memberikan saran tentang produk apa yang terbaik untukmu.




Ingin cara yang lebih praktis dan mudah? Kamu bisa menghubungi Professor Young. Sebagai produsen skincare berpengalaman, kami memiliki tenaga dokter profesional yang bisa membantu kamu. Semoga tips memilih skincare untuk kulit kombinasi ini bisa membantumu menentukan pilihan terbaik serta membantu permasalahan kulit wajah kalian, ya!


Ditulis oleh MinYoung
Tambahkan Komentar
Ketik disini

bottom of page